Ini Alasan Mengapa Milenial Sebaiknya Menjadi PNS

www.hipwee.com
Aparat Sipil Negara (ASN) atau sebelumnya dikenal Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pegawai pemerintah yang berada di luar politik yang bertugas melaksanakan administrasi pemerintahan, baik pusat maupun daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan. Perlu diketahui, bekerja sebagai pegawai negeri sangat diminati sebab memiliki kepastian gaji dan ragam fasilitas yang terbilang memadai. Jumlah ASN Tahun 2016, 4, 37 juta orang (tirto.id). Jumlah tersebut cenderung akan meningkat seiring dibukanya seleksi Pegawai Negeri pada 2017 dan tahun 2018 ini.

Zaman telah bergerak cepat dan menuntut perubahan yang serba tergesa. Dunia birokrasi pemerintahan sejak dulu dipandang lambat dalam merespon ragam perubahan yang ada. Hal ini dipicu oleh, salah satunya ketidaksiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Birokrasi kita dipenuhi oleh para tenaga yang sudah tua dan memiliki kompetensi di bawah standar. Rumor bahwa para PNS ini adalah sekumpulan pengangguran terselubung sebab mereka memakan uang negara namun minim kinerja, alias para pengasup gaji buta.
Semangat reformasi birokrasi telah digaungkan sejak lama. Namun tampak, bahwa mesin birokrasi tetap mengalami kemandegan dalam upayanya untuk berbenah. Wana Alamsyah, Staf Divisi Investigasi ICW seperti yang diungkap melalui kompas.com membeberkan beberapa hal yang menyebabkan gagalnya praktik reformasi birokrasi. Salah satu yang utama berkaitan dengan terbentuknya SDM aparatur yang berintegritas, netral, kompeten, cakap, profesional, berkinerja tinggi, dan sejahtera. Semua indikator itu menjadi sulit dipenuhi sebab SDM birokrasi kita sudah kadung terjebak dalam lingkaran penyakit birokrasi yang menahun. Solusinya yang paling bisa dilakukan adalah regenerasi SDM birokrasi kita. Nah, para milineal, ini kesempatan yang baik buat Anda. Beberapa alasan mengapa para milenial baiknya bergabung dalam roda mesin birokrasi, di antaranya:
lifestyle.tribun.com
Pertama, dengan seabrek persoalan di atas tadi, apalagi berkaitan dengan rendahnya kualitas SDM birokrasi dan kegagalannya dalam merespon persoalan kekinian. Tak ada salahnya milenial bergabung untuk memberikan sebuah perspektif baru tentang perubahan di masa kini dan tantangan yang harus dijawab di masa depan.
Kedua, sudah kadung bahwa profesi PNS ini kerap dimaki namun tetap dicari sebab menjanjikan pendapatan bulanan yang pasti dan jaminan hari tua. Namun intinya bukan di situ, para milenial adalah para pekerja revolusioner yang uang dan seabrek reputasi lain tak jadi soal sebab bisa berarti ini adalah panggilan jiwa untuk berkontribusi lebih baik buat negeri. Panggilan mengabdi tak serta merta selalu melulu soal uang bukan, karena para milenial justru bisa mendapatkan limpahan materi yang jauh lebih besar diluar dari pekerjaan sebagai aparatur. Nah tentu tak salah jika Anda menjadi apart yang juga interpreneur.
Ketiga, keahlian teknis saat ini sudah sangat dibutuhkan dalam dunia birokrasi kita, utamanya yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Anda yang mumpuni di bidang ini bisa bergabung dengan terlibat mengubah wajah birokrasi yang kolot menjadi ramah dengan kemajuan TIK.
Keempat, dengan menjadi PNS Anda akan menemukan banyak kesempatan yang langka. Termasuk tentunya, menjalankan misi kedinasan plus jalan-jalan. Ini bonus tentunya, namun tetap dalam kerangka yang dimaklumi sebab Anda dalam misi melaksanakan tugas negara.
So, Anda tertarik? Pada 2018 ini akan dibuka kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil di beberapa daerah sentero negeri. Saatnya Anda bergabung untuk mengabdi pada bumi pertiwi!

Share:

0 komentar