Kamis, Januari 04, 2018

Gubernur Gorontalo Intruksikan Darurat Bahasa Gorontalo



Suasana apel kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Foto humas.gorontaloprov.go.id
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menginstruksikan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menggunakan bahasa Gorontalo setiap hari Kamis. Instruksi tersebut disampaikan Rusli di hadapan ribuan PNS saat menggelar apel kerja di rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Rabu, 03 Januari 2018. 
Penggunaan bahasa Gorontalo bukan hanya dalam bentuk lisan, tetapi dalam percakapan di media sosial. Gubernur Rusli mewanti agar hal tersebut dapat diindahkan demi memasyarakatkan bahasa Gorontalo.
“Jadi bagi asli Gorontalo dan seluruh pendatang, wajib bahasa Gorontalo. Kalau tidak pakai bahasa Gorontalo saya tidak akan ladeni!” ucap Rusli dengan gaya khasnya, tentu saja dalam bahasa Gorontalo.
Pernyataan tersebut sontak mengundang tepuk ramai seluruh peserta apel kerja. Langkah Rusli ini terbilang unik dan patut dicontoh dalam rangka memasyarakatkan bahasa daerah. Berdasarkan pengamatan kami, di beberapa instansi, penggunaan bahasa Gorontalo sudah marak digunakan. Dewasa ini, ada kecenderungan bahasa daerah sudah ditinggalkan sehingga perlu upaya konkrit dalam menghalau kepunahannya. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts