Rabu, November 15, 2017

Bayi Anda Menangis tanpa Sebab? Jangan-jangan Diganggu Jin? Berikut Tips Mengatasinya

Anda memiliki bayi? Pernah bayi Anda menangis tanpa sebab, dengan tangis melengking menyayat hati? Anda berusaha mencari segala cara untuk mendiamkan tapi gagal. Mulai dari digendong, dinyanyiin lagu, ganti popok, dikipasin, diusapin minyak angin, disusuin, dan? Pokoknya semua cara telah dilakukan dan si bayi tetap aja menangis, malah tambah cetar membahana. Untuk kondisi semacam ini, sebagai orang tua, kita harus memastikan kondisi jiwa kita stabil. Maksudnya, jangan panik. Hadirkan ruang kesabaran yang lebih lebar dalam dada, pejamkan mata, dan tarik napas panjang. Selanjutny
a? Anda perlu tahu tentang ini. Bahwa bayi itu sangat rentan dengan gangguan makhluk halus: jin. Ada banyak hal yang tak terlihat yang bisa mencelakan bayi kita. Selain jin, sifat iri dan dengki dari orang lain dapat pula menjadi asbab bayi tiba-tiba berubah perilakunya. Untuk yang terakhir ini, orang tua saya sering menyarankan agar tak bermurah hati menyerahkan bayi mungil kita untuk digendong oleh orang-orang yang memintanya.
Sehubungan dengan hal tersebut, ada cara yang bias dilakukan untuk menenangkan bayi semacam itu. Salah satu yang disarankan, bagi mereka yang beragama Islam adalah dengan membacakan zikir dari ayat-ayat Al-Quran. Berikut beberapa contoh lafaz zikir berasal dari ayat Al-Quran yang bisa diamalkan untuk bayi:

Pertama, Membaca Taudz.
Lafalnya "Audzubillahis samiiil alimi minassyaithoonirrajiim. Atau Audzubillahi minassyaithoonirrajiim. Artinya, "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk. Adapun keutamaannya adalah seperti yang diriwiyatkan oleh As Sunni dari Anas RA, dari Nabi SAW, disabdakan: "Barangsiapa mengucapkan di pagi hari Audzubillahi..., dia akan dilindungi dari godaan setan sampai sore.

Kedua, Membaca Surat Al-Fatihah.
Alfatihah adalah ibunya Al-Quran, disebut pula tujuh ayat berulang-ulang. Keutamaannya disampaikan Rasulullah SAW: "Demi zat yang jiwaku berada di genggamanNya, tidak diturunkan satu surat di Taurat, di Injil, di Zabur maupun di Al-Quran yang menandingi surat ini (Al-Fatihah). Ia adalah tujuh ayat berulang dan Al-Quran yang agung diberikan kepadaku. (HR TIrmidzi)

Ketiga, Surat Al-Baqarah Ayat 1-5
Keutamaannya, "Barang siapa membaca sepuluh ayat dari Surah Al-Baqarah di awal siang, maka setan tidak akan mendekatinya hingga sore, dan apabila dia baca ketika sore maka dia tidak akan didekati setan hingga pagi, dan dia tidak akan melihat sesuatu yang tidak menyenangkan pada keluarganya maupun hartanya. (Diriwayatkan dari Thabrani dalam Al-Kabir, begitu juga Hakin dan disahihkan). Selanjutnya dari Ibnu Ma'ud RA "Sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Barang siapa membaca sepuluh ayat, empat ayat di awal Al_Baqarah, Ayat Kursi dan dua ayat setelahnya, dan penghujung surat Al-Baqarah, maka setan tidak akan masuk ke dalam rumahnya hingga Subuh!

Keempat, Ayat Kursi. Keutamaannya idem dengan yang ketiga

Keempat, Tiga Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah. Idem dengan yang ketiga

Kelima, Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4, Al-Falaq Ayat 1-5, dan An-Nas Ayat 1-6
Dari Abdullah bin Khubaib RA berkata: "Kami keluar di malam yang hujan dan sangat gelap mencari Rasulullah agar salat bersama kami. Akhirnya kami menemui beliau. Beliau berkata: "Ucapkanlah! Aku tidak mengatakan apa-apa. Kemudian Beliau mengatakan Ucapkanlah! Aku bertanya: Apa yang haru aku ucapkan?" Beliau bersabda: Ucapkanlah Qulhuwallahu Ahad dan Mu'Awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) ketika kamu berada di waktu sore dan pagi sebanyak tiga kali; insyaAllah tiga surat itu mencukupi segala sesuatu buatmu. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa'i)
Nah, silakan dicoba. Semoga bermanfaat dan keluarga kita senantiasa terlindung dari segala bahaya. Amin!(*)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts